Ing ngarso sung tulodo

Ing Madya mangun karso

Tut Wuri Handayani

 

            Dalam dunia pendidikan, tentunya tidak asing lagi dengan tiga semoboyan di atas. Semboyan tersebut tidak hanya sekedar semboyan yang di cipta begitu saja. Namun, hal tersebut penuh makna karena melalui proses perjuangan. Selain itu, sang pelopor semboyan tersebut pun bukan orang biasa namun beliau merupakan seorang pahlawan pelopor pendidikan bagi bangsa Indonesia yang dijuluki sebagai “Bapak Pendidikan.” Beliau adalah Ki Hajar Dewantara, seorang yang sangat berani memperjuangkan pendidikan pada zaman kolonialisme Belanda.

Setiap tahunnya, tepatnya pada tanggal 2 Mei, kita memperingatinya sebagai hari Pendidikan Nasional. Tanggal tersebut adalah tanggal dilahirkannya sang bapak pendidikan Indonesia yang telah berjuang untuk menyetarakan pendidikan bagi kaum yang tidak mampu pada era penjajahan Belanda. Bahwa pendidikan tidak mengenal tingkatan ekonomi, semua orang yang tidak mampu juga berhak mendapatkan pendidikan. Hal ini lah yang kita sebagai bangsa Indonesia rasakan hingga detik ini. Kesemuanya berkat perjuangan dari bapak Ki Hajar Dewantara.

Seperti biasanya, pada tanggal 2 Mei ini, mengadakan upacara bendera merupakan tradisi yang wajib dilaksanakan. Selain karena seremonial hari pendidikan nasional, upacara sebagai suatu momentum untuk menanamkan sikap cinta tanah air dan bangsa serta penanaman sikap kedisiplinan. Sehingga peserta didik dapat terus mengingat perjuangan para pejuang yang telah membela tanah air sampai akhirnya mereka bisa merasakan pendidikan. Pada pagi hari Selasa, 2 Mei 2017 ini, SMK Negeri 4 Pekanbaru telah melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari yang di pelopori oleh sang tokoh pendidikan.

Menteri Pendidikan Indonesia, Bapak. Muhadjir Effendy dalam sambutannya yang dibacakan oleh Pembina upacara yakni Ibu Dra. Nerwati, mengusung tema ‘Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas’ tahun 2017 ini. Hal ini terkait dengan fenomena dunia yang sangat berubah cepat dan menuntut kualitas yang tinggi. Pada akhirnya, peringatan hari pendidikan tidak berbeda tiap tahunnya. Namun, semoga selalu ada perubahan yang nyata sehingga dapat benar-benar mewujudkan tujuan pendidikan. Tentunya semua elemen harus bersinergi untuk mencapainya.

Selamat Hari Pendidikan Nasional 2017. Pendidikan berkualitas meningkatkan martabat bangsa.


Berita Terkait

 
153933
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
62
191
253
151706
4505
4437
153933

Your IP: 54.198.55.167
2018-10-22 05:05

Who's Online

We have 44 guests and no members online